Langsung ke konten utama

Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami


Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami- Asam Urat saat ini sudah jadi suatu penyakit yang kerapkali dihadapi oleh beberapa orang yang berumur 30 th. keatas. Tetapi janganlah disangka penyakit ini adalah penyakit yang mudah lho, lantaran bila lagi meradang sungguh tak bisa terbayangkan rasa sakit yang bakal dirasakan beberapa penderitanya. Nah, pada jumpa ini Pusat Info bakal coba menuturkan 4 hal sekitar obat asam urat, pemicu, tanda-tanda dan pantangan pasien asam urat yang diinginkan bisa berikan banyak faedah pada beberapa pasien ataupun anda yang mau menghindarnya.

Tanda dan Gejala Asam Urat

Di bawah ini tanda-tanda asam urat :
  • Sendi jadi nyeri, ngilu, linu, kesemutan serta juga hingga membengkak serta berwarna kemerahan (meradang)
  • Umumnya pada persendian jadi nyeri waktu pagi hari (baru bangun tidur) atau malam hari.
  • Jadi nyeri pada sendi berlangsung berkali-kali kali.
  • Yang terserang umumnya sendi jari kaki, jari tangan, dengkul, tumit, pergelangan tangan dan siku.
  • Pada peristiwa masalah yang kronis, persendian jadi benar-benar sakit waktu bakal bergerak.

Untuk tahu lebih pasti, pasien mesti selekasnya lakukan kontrol di laboratorium. Untuk kandungan asam urat normal pada pria berkisar 3, 5 sampai 7 mg/dl serta pada wanita 2, 6 – 6 mg/dl.
Beberapa besar beberapa pasien asam urat juga memiliki penyakit yang lain seperti hipertensi ( desakan darah tinggi), diabetes atau juga penyakit ginjal. Tetapi aspek kegemukan (obesitas) juga kerapkali didapati pada pasien asam urat. Jika penyakit asam urat tak selekasnya di obati maka dapat berkembang jadi penyakit batu ginjal serta pada akhirnya dapat menyebabkan tidak berhasil ginjal pasien asam urat itu.

Faktor Penyebab Asam urat

Adapun pemicu penyakit asam urat :
  • Konsumsi zat-zat yang banyak memiliki kandungan purin terlalu berlebih.
  • Zat purin dalam jumlah banyak masuk dalam badan, lalu lewat metabolisme beralih jadi asam urat.
  • Terjadinya penambahan Kandungan asam urat dalam badan, hingga ginjal kita tak dapat untuk buang keunggulan asam urat.
  • Banyak kristal asam urat yang berlebihan menumpuk di persendian.
  • Mengakibatkan sendi kita jadi nyeri, membengkak, meradang, panas serta kaku.

Pada peristiwa masalah yang kronis, pasien asam urat hingga tak bisa jalan lantaran pada persendian jadi benar-benar sakit sekali bila bergerak. Tulang seputar sendi dapat juga keropos serta alami pengapuran tulang.

Pantangan Penderita Asam Uarat

Beberapa buah dan makanan yang menjadi pantangan untuk pasien asam urat :
  • Seafood : udang, cumi-cumi, sotong, kerang, remis, tiram, kepiting, ikan teri, ikan sarden.
  • Jeroan : ginjal, limpa, babat, usus, hati, paru serta otak.
  • Ekstrak daging seperti abon serta dendeng.
  • Daging kambing, daging sapi, daging kuda.
  • Makanan yang telah dikalengkan (misal : kornet sapi, sarden).
  • Bebek, angsa serta kalkun.
  • Kacang-kacangan : kacang kedelai (terhitung tempe, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau, tauge, melinjo, emping.
  • Sayuran : kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong, daun pepaya, kangkung.
  • Keju, telur, cream, es cream, kaldu atau kuah daging yang kental.
  • Buah-buahan yang dipantang seperti durian, nanas serta air kelapa.
  • Makanan yang digoreng atau bersantan atau dimasak dengan memakai margarin/mentega.
  • Makanan kaya protein serta lemak.

Tak hanya sebagian pantangan diatas, pasien penyakit asam urat juga mesti senantiasa banyak minum air putih terlebih untuk mereka yang memiliki penyakit batu ginjal. Dengan adanya banyak minum air putih bakal benar-benar menolong ginjal untuk keluarkan kristal asam urat dari dalam badan lewat urine.

Anjuran Bagi Pendeita diabetes

Beberapa anjuran kesehatan untuk pasien asam urat antara :
  • Konsumsi makanan yang memiliki kandungan potasium tinggi seperti kentang, yogurt, serta pisang
  • Konsumsi buah yang banyak memiliki kandungan vitamin C, seperti jeruk, pepaya serta strawberry
  • Beberapa buah serta sayuran yang dianjurkan untuk membantu menyembuhkan asam urat antara lain: buah naga, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, sawi hijau, sawi putih, serai serta tomat
  • Memperbanyak mengkonsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi, singkong, roti serta ubi
  • Mengurangi mengkonsumsi karbohidrat simpel type fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali serta sirup
  • Janganlah minum aspirin
  • Janganlah melakukan aktifitas atau bekerja terlalu keras/kelelahan
  • Bagi orang yang kelebihan berat badan (obesitas), umumnya kandungan asam urat cepat naik tetapi pengeluaran sedikit, oleh kaena itu sangat dianjurkan untuk meturunkan berat tubuh dengan berolahraga yang cukup
  • Cocokkan konsumsi daya dengan keperluan badan, menurut tinggi serta berat tubuh.

Cara Mengobati Asam urat dengan obat tradisional Asam urat

1. Obat Asam Urat Sidaguri (Sida rhombifolia). 

Obat Asam Urat Sidaguri

Di kenal dengan nama daerah guri, siliguri, kahindu, sadagori, otok-otok atau bitumu. Kandungan kimia yang telah di ketahui yaitu alkaloid, kalsium oksalat, tannin, saponin, fenol, asam amino, minyak atsiri, zat phlegmatic untuk ekspektoran, serta lubrikan. Akarnya memiliki kandungan alkaloid, steroid serta aphredine. Sidaguri mempunyai rasa manis, sedikit panas serta sejuk. Dalam penyembuhan, sidaguri dipakai untuk antiradang, peluruh kencing serta pembasmi rasa sakit. Sisi tanaman yang dipakai yaitu akarnya.

Langkah Membuat ramuan obat asam urat alami dari Sidaguri:
Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami dengan merebus 15-30 gram herba kering atau 30–60 gram herba basah sidaguri dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya, minum 3 kali satu hari masing-masing ½ gelas. Bila memakai akar, dosisnya 10– 15 gram.

2. Cara mengobati asam urat dengan Sambiloto (Adrographis panniculata). 

Cara Mengobati Asam Urat dengan Tanaman Obat Sambiloto

Aslinya adalah tanaman dari India. Di sebagian daerah sambiloto di kenal juga dengan nama papaitan, ki peurat, bidara, kayu mas, lang, ki pait, sampiroto, atau ki oray. Sambiloto memiliki kandungan sebagian senyawa flavanoid, alkane, keton, aldehid serta juga sebagian mineral seperti kalsium, kalium serta natrium. Terasa pahit, tetapi tanaman ini di kenal untuk antiradang, pembasmi nyeri atau analgetik, serta juga penawar toksin. Sisi tanaman yang dipakai yaitu semua tanaman.

Langkah Meramu Sambiloto jadi Obat Asam Urat :
Bersihkan bersih serta rebus sambiloto kering 10 gram, rimpang temulawak kering 10 gram, komfrey 5 – 10 gram, serta buah lada 1 gram dengan 5 gelas air sampai tersisa 3 gelas, diminum 3 kali satu gelas tiap-tiap hari, 1 jam sebelum saat makan atau 2 jam sesudah makan.

3. Obat Asam Urat Kumis kucing (Orthosiphon aristatus). 

Obat Asam Urat Kumis kucing (Orthosiphon aristatus)

Juga sudah lama di kenal untuk diuretik yang bermanfaat untuk penghancur batu saluran kencing. Terasa manis sedikit pahit, dulunya banyak tumbuh di selokan serta anak sungai, tetapi saat ini tidak sedikit orang yang suka menanamnya di pekarangan rumah. Garam kalium dalam tanaman ini memanglah bermanfaat melarutkan batu ginjal, karena itu banyak dipakai untuk obat penghancur batu. Kandungan sinsetin-nya berbentuk untuk antibakteri, serta tanaman ini dapat memiliki kandungan senyawa orthosiphonin glikosida. Karakter diuretik tanaman ini bermanfaat untuk menolong badan buang keunggulan asam urat melalui urin.

Langkah Meramu Kumis Kucing jadi Obat Asam Urat :
Cara Mengobati Asam Urat secara alami dengan tanaman obat kumis kucing. Bersihkan bersih 10 gram daun kumis kucing kering atau 20 gram basah, 10 gram meniran kering atau 20 gram basah, 10 gram sawi tanah kering atau 20 gram basah, 15 gram jahe merah kering atau 30 gram basah, serta 10 gram kapulaga kering. Memarkan jahe merah serta gabung dengan bahan yang lain, rebus dalam satu liter air sampai tersisa setengahnya. Minum pagi, siang serta sore hari, masing-masing ¾ gelas (150 ml) atau minum 2 x satu hari masing-masing 200 ml.

4. Obat Asam Urat Daun Salam (Eugenia polyanta). 

Obat Asam Urat Daun Salam

Di kenal orang-orang Indonesia untuk bumbu masak lantaran mempunyai keharuman yang khas yang dapat menaikkan kelezatan masakan nusantara. Daun salam terasa kelat serta berbentuk astringent. Senyawa-senyawa seperti minyak atsiri, tannin serta flavonoid terdapat banyak dalam daunnya. Untuk penyembuhan memanglah daunnya lah yang paling banyak dipakai, namun akar, kulit serta buahnya juga bermanfaat untuk obat.

Langkah Meramu Daun salam jadi Obat Asam Urat :
Cara membuat daun salam sebagai obat asam urat adalah Rebus 10–15 lembar daun salam fresh maupun kering dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, minum 2 kali satu hari masing-masing 1/2 gelas.

Semoga sebagian penjelasan Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami di atas bisa berguna agar bisa menghindar serta tahu lebih terang perihal asam urat, baik dari pemicu, pantangan, tanda-tanda serta obat asam urat yang gampang di peroleh di seputar lingkungan kita seperti satu diantaranya yaitu buah manggis yang diambil kulitnya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Makanan yang dapat Membakar Lemak

Berikut ini adalah Bahan Makanan yang dapat Membakar Lemak tubuh. Jika anda sudah merasa jenus untuk melakukan diet maka anda dapat mencoba cara ini untuk diet anda. Anda dapat mengkonsumsi beberapa makanan yang dipercaya membantu membakar kalori. Bahan Makanan yang dapat Membakar Lemak 1. Kacang Almond Tambahkan kacang almond pada makanan Anda sehari-hari. Struktur serat yang terdapat di dalamnya mengurangi penyerapan pada lemak, sehingga hanya sedikit kalori yang terserap oleh tubuh Anda. Selain itu, kadar protein dan asam lemak tak jenuh tunggal yang ada juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga menjauhi keinginan untuk mengemil. Tip: Untuk meningkatkan rasa pada kacang, panggang di dalam oven dengan suhu 180 derajat celcius selama lima hingga sepuluh menit. Baca juga : Makanan untuk mencegah jerawat 2. Telur Konsumsi telur pada saat sarapan. Mereka yang mengonsumsi telur di pagi hari akan merasa lebih kenyang sepanjang hari. Ini karena kombinasi antara

Cegah Jerawat Dengan Kandungan Makanan Ini

Tips mencegah timbulnya jerawat memang sudah banyak, namun jangan lupakan cara dasar untuk mencegah timbulnya jerawat, yaitu dengan pola makan dan bahan makanan tertentu. Meski tidak ada makanan super untuk mencegah timbulnya jerawat, namun menurut penelitian di bidang diet dan kulit, terungkap pola makan yang kaya buah dan sayuran sangat baik untuk kulit. Makanan sehat ini akan mengurangi inflamasi dan komedo. Berikut adalah beberapa kandungan makanan pencegah timbulnya jerawat : 1. Vitamin A Vitamin A membantu mengatur siklus regenerasi kulit sehingga tidak ada lagi protein dan minyak penyebab jerawat yang tersumbat. “Vitamin A adalah kandungan utama obat-obatan jerawat,” kata Marmur. Sumber terbaik vitamin A adalah minyak ikan, salmon, wortel, bayam, dan brokoli. Meski begitu jangan berlebihan mengonsumsi vitamin A karena bisa bersifat toksik. 2. Zinc Penelitian menunjukkan orang yang berjerawat pada umumnya memiliki kadar zinc (seng) yang rendah. Zinc diperlukan untuk m